Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 1 RANAH BATAHAN

Dewi Juita, - (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 1 RANAH BATAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Juita, (2021): Pengaruh Metode Make A Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar siswa SMP N 1 Ranah Batahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan motivasi belajar Siswa SMP N 1 Ranah Batahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain factorial experiment design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data disimpulkan melalui teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket motivasi belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta dokumen yang berupa data-data administrasi sekolah. Data dianalisis menggunakan anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran make a match dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan motivasi belajar siswa. Metode make a match dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang meningkatkan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Make A Match, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:49
Last Modified: 12 Aug 2021 23:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54311

Actions (login required)

View Item View Item