PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERMAIN JAWABAN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AMANAH KANDIS KABUPATEN SIAK

TANTI WISNA, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERMAIN JAWABAN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AMANAH KANDIS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201323PGMI.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewargaxiegaraan (PKn) siswa kelas III MI Amanah Kandis dengan menggunakan metode strategi pembelajaran aktif bermain jawabar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya "Apakah strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan hasil belajar PKn mengenai Bangga sebagai anak Indonesia siswa kelas III MI Amanah Kandis Kabupaten Siak? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu peneliti melakukan observasi pada siswa dengan menggunakan metoda pembelajaran aktif bermain jawaban. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Setelah mendapattkan data hasil belajar siswa, data tersebut dianalisis. Teknik amlisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kualitatif dan analisi kuantitatif hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, hasil belajar siswa sebelum tindakan diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 25%, sedangkan pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan .siswa dengan rata-rata 65,83, dan ketuntasan secara klasikal mencapai 50% dari keseluruhan siswa setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 72,93, dan ketuntasan secara klasikal mencapai 83 . Maka hasil yang dipakai ada peningkatan antara siklus I ke siklus II. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi "Hasil belajar PKn pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia siswa kelas III MI akan meningkat "diterima".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:37
Last Modified: 07 Sep 2016 09:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item