Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN CASH ON DELIVERY DALAM JUAL BELI ONLINE DI FACEBOOK DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Grup Jual Beli Online Marketplace Kota Pekanbaru)

Muhammad Syarif Hidayatullah, - (2021) PELAKSANAAN CASH ON DELIVERY DALAM JUAL BELI ONLINE DI FACEBOOK DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Grup Jual Beli Online Marketplace Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Syarif Hidayatullah, (2021): Pelaksanaan Cash On Delivery Dalam Jual Beli Online di Facebook Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Grup Jual Beli Online Marketplace Kota Pekanbaru) Perkembangan teknologi, memaksa manusia selalu melakukan inovasi, termasuk dalam hal jual beli. Saat ini, seiring dengan menjamurnya penggunaan internet berimplikasi pada lahirnya model jual beli baru. Salah satu bentuk jual beli yang lahir akibat munculnya jaringan internet diantaranya adalah jual beli secara online melalui media sosial seperti Facebook dengan menggunakan sistem cash on delivery. Sistem Cash On Delivery sendiri adalah jual beli online melalui dunia maya dimana penjual dan pembeli bisa bertemu secara langsung apabila berada di suatu wilayah yang sama ataupun juga bisa melalui jasa kurir (antar). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan cash on delivery dalam jual beli online di grup Marketplace Kota Pekanbaru, dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap pelaksanaan cash on delivery, serta kelebihan dan kekurangan jual beli online dengan menggunakan sistem cash on delivery. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota grup jual beli online Marketplace Kota Pekanbaru sebanyak 41.000 anggota. Dari populasi tersebut, diambil sampel sebanyak 50 orang, yang terdiri dari 20 orang penjual dan 30 orang pembeli. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi, serta dianalisa mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan cash on delivery dalam jual beli online di Facebook ditinjau menurut perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di grup jual beli online Marketplace Kota Pekanbaru), sebagai berikut; Setiap anggota grup dapat melihat dan mengomentari postingan-postingan yang ada, dan memilih barang mana yang akan dibeli. Setelah calon pembeli mendapatkan barang yang cocok dan telah sesuai, selanjutnya langsung menghubungi penjual melalui chat atau pesan yang sudah tersedia di aplikasi Facebook. Kemudian pembeli dan penjual melakukan kesepakatan mengenai harga, kondisi barang, dan lokasi tempat melakukan transaksi cash on delivery. Pada saat melakukan transaksi cash on delivery, pembeli diberikan kesempatan untuk memeriksa kondisi barang, setelah itu pembeli menyerahkan sejumlah uang sesuai harga yang telah disepakati sebelumnya. Pelaksanaan cash on delivery dalam jual beli online di grup Marketplace Kota Pekanbaru telah memenuhi rukun dan syarat dalam akad jual beli. Olehkarena itu, pelaksanaan cash on delivery dalam jual beli online di grup Marketplace Kota Pekanbaru tersebut sah dan sesuai dengan perspektif Ekonomi ii Islam. Terdapat kekurangan dan kelebihan dengan menggunakan sistem cash on delivery dalam jual beli online di grup Marketplace Kota Pekanbaru, baik dari pihak penjual, dan juga pihak pembeli. Kata Kunci: Cash On Delivery, Jual Beli Online, Grup Marketplace Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Aug 2021 05:05
Last Modified: 12 Aug 2021 05:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54306

Actions (login required)

View Item View Item