PROSES PELAKSANAAN KLIRING DI PT. YUDHA BHAKTI CABANG PEKANBARU

Rasmahita Simanjuntak, (2011) PROSES PELAKSANAAN KLIRING DI PT. YUDHA BHAKTI CABANG PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201115.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Laporan akhir ini berjudul "PROSES PEL4K.SANAAN KLIRING DI PT BANK YUDHA BHAKTI CABANG PEKANBARU". Kliring adalah sarana perhitungan hutang piutang antar bank peserta kliring guna memperluas dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral dalam suatu wilayah tertentu yang ditetapkan oleh bank Indonesia. Permasalahan dalarn penclitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kliring yang dikembangkan dalam PT. Bank Yudha Bhakti Cabang Pekanbaru, dan bagaimana proses pelaksanaan kliring dan tujuan kliring pada PT. Bank Yudha Bhakti Cabang Pekanbaru. Adapun tujuan didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kliring yang dikembangkan pada PT. Bank Yudha Bhakti, dan untuk mengetahui proses pelaksanaan kliring pada VT. Bank Yudha Bhakti Cabang Pekanbaru. Metodologi Penelitian ini yaitu berlokasi di jalan Jenderal Sudirnian Nomor. 135 Keeamatan Marpoyan Damai, Kelurahan Tangkerang Tengah sebagai tempat penelitian. Sumber data dalam tugas akhir ini adalah data primer, yaitu: data yang diperolch langsung dari PT. Bank Yudha Bhakti Cabang Pekanbaru yang menyangkut masalah Kliring. Dan data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Adapun objek dalam penelitian ini yaitu proses pelaksanaan kliring di PT. Bank Yudha Bhakti Cabang Teknik penulisan data yang penulis gunakan dengan cara wawancara, dokumentasi dan telaah pustaka. Adapun hasil dari pembahasan adalah sebagaimana yang kita lihat praktek kliring PT. Bank Yudha Bhakti Cabang Pekanbaru. Alasan pelaksanaan kliring yaitu untuk memajukan dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral. Dan proses penyelesaian kliring antar bank Indonesia dilakukan dalam Gija tahap yaitu kliring penyerahan dan kliring return (pengembalian). Pelaksanaan kliring di bank yuda bhakti Cabang pekanbaru sama dengan bank lainnya dimana hasil kliring dilakukan setiap hari serta peserta anggota kliring adalah bank-bank umum yang terdaftar dalarn wilayah Miring tertentu, dan pesertaannya tidak diberhentikan dalarn status anggota. Proscdur atau mekakanisme penyelenggara kliring dilaksanakan inclalui dalam beberapa tahapan yaitu keeling keluar pertukaran warkat di bank Indonesia, kliring masuk, pertukaran warkat di bank Indonesia. Nasabah menyerahkan warkat-warkat untuk di kliringkan. Selanjutnya petugas kliring menyeralikan seluruh warkatnya dan bukti penyerahan kepada penyelenggara kliring bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:53
Last Modified: 11 Jan 2016 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item