Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI

KUSFIANNUR RAFIQAH, - (2021) PENGARUH BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV WT.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)

Abstract

KUSFIANNUR RAFIQAH (2021):PENGARUH BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI Keterampilan motorik halus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan anak usia dini. Tumbuh kembang anak dapat distimulasi dengan berbagai macam kegiatan yang menarik minat anak. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini adalah melalui melipat kertas atau origami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain origami terhadap keterampilan motorik halus pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa kegiatan bermain origami selama kurang lebih 3 minggu, setiap 1 minggu dilakukan 3 kali pertemuan. Setelah dilakukan analisa menggunakan uji Wilcoxon didapatkan hasil Z hitung ˂ Z tabel yaitu -1,890 ˂ 0,0294 atau nilai signifikansi 0,059 > 0,05 pada nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen, maka H0 ditolak. Kesimpulan tidak ada pengaruh kegiatan bermain origami terhadap keterampilan motoril halus pada anak usia dini. Kata kunci : origami, melipat kertas, keterampilan motorik halus, anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 13 Aug 2021 01:10
Last Modified: 13 Aug 2021 01:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54298

Actions (login required)

View Item View Item