Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru.

Fitri Nella, - (2021) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN EDIT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Fitri Nella Nim : 11443201548 Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul Skripsi : Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Dalam aspek pendidikan tentunya tidak lepas dari peran pendidik, ataupun pengajar yang dalam lingkungan sekolah biasanya disebut dengan guru. Seorang guru hendaknya melakukan komunikasi interpersonal dalam pelaksanaan pendidikan. Komuikasi interpersonal juga berlaku dalam kegiatan pembelajaran, termasuk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hubungan timbal balik antara guru dan siswa akan menentukan hasil akhir dari meningkatnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Positivism dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru yang berkonsultasi ke ruangan BK berjumlah 120 orang. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif terhadap variabel Motivasi Belajar (Y) menunjukkan nilai minimum 63 dan nilai maximum 90 dengan rata-rata variabel Motivasi Belajar (Y) yang dimiliki oleh 54 responden adalah sebesar 79,722 dengan nilai standar deviasi variabel Motivasi Belajar (Y) sebesar 5,3321, yang berarti tingkat penyebaran data variabel memiliki variasi yang lebih tinggi dikarenakan nilai rata-rata lebih besar dari nilai standar deviasi. Sementara itu dengan menggunakan statistik deskriptif terhadap variabel Komunikasi Interpersonal (X) menunjukkan nilai minimum 105 dan nilai maximum 141 dengan rata-rata variabel Komunikasi Interpersonal (X) yang dimiliki oleh 54 responden adalah sebesar 125,7 dengan nilai standar deviasi variabel Komunikasi Interpersonal (X) sebesar 8,1949, yang berarti tingkat penyebaran data variabel memiliki variasi yang lebih tinggi dikarenakan nilai rata-rata lebih besar dari nilai standar deviasi. Dengan kata lain hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Bimbingan Konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:26
Last Modified: 12 Aug 2021 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54284

Actions (login required)

View Item View Item