PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN

ISNARTI, (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201307PGMI.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada materi soal cerita pecahan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun melalui penerapan metode pemecahan masalah ( Problem Solving). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan observer. Subyek pada penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah metode problem solving. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi soal cerita pecahan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun pada siswa kelas IVA yang berjumlah 30 0rang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan test. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase keberhasilan belajar siswa yaitu sebelum tindakan sebanyak 46,67% (14 siswa), siklus I sebanyak 70% (21 siswa), dan siklus II sebanyak 86,67% (26 siswa) yang lulus KKM. Karena lebih 75 % dari jumlah seluruh siswa telah tuntas belajarnya maka tindakan siklus ke II dipandang sudah berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun tahun ajaran 2011/ 2012. Oleh karena itu diharapkan guru mencoba menerapkan metode ini untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah sekaligus motivasi guru untuk dapat menciptakan inovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:37
Last Modified: 07 Sep 2016 09:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5427

Actions (login required)

View Item View Item