Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN MAHASISWA MENGENAI KRITERIA MEMILIH CALON PASANGAN HIDUP (STUDI PADA JURUSAN HUKUM KELUARGA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU)

REFDIA MARDAYANTI, - (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN MAHASISWA MENGENAI KRITERIA MEMILIH CALON PASANGAN HIDUP (STUDI PADA JURUSAN HUKUM KELUARGA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

REFDIA MARDAYANTI (2021) : TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PANDANGAN MAHASISWA MENGENAI KRITERIA MEMILIH CALON PASANGAN HIDUP (STUDI PADA JURUSAN HUKUM KELUARGA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU) Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang, 1) bagaimanakah pandangan mahasiswa mengenai kriteria memilih calon pasangan hidup? 2) bagaimanakah tinjauan hukum islam terhadap pandangan mahasiswa mengenai kriteria memilih calon pasangan hidup? Hasil penelitian menyimpulkan Bahwa rata-rata Mahasiswa Hukum Keluarga Angkatan 2017 sudah Memiliki Kriteria memilih calon pasangan hidup dan menganggap bahwasannya penting untuk Memilih kriteria calon pasangan hidup sebelum menikah, dan rata rata mahasiswa atau respon sudah mengetahui tinjauan hukum islam mengenai kriteria memilih calon pasangan hidup dan harus memiliki kriteria calon pasangan hidup sebelum menikah. Setelah melakukan penelitian, penulis menangkap bahwasannya kriteria objek penelitian ini telah sesuai dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama. Mahasiswa hukum keluarga telah menetapkan kriteria berdasarkan tawaran agama. Akan tetapi, makna dari pernyataan penulis mengenai respon objek penelitian ini adalah ketika kriteria itu tidak terpenuhi semua maka bukan sebuah alasan untuk menunda atau bahkan meninggalkan pernikahan karena kriteria tersebut bukan suatu kewajiban atas individu untuk menemukan calon yang sebagaimana telah disebutkan oleh agama, melainkan itu hanya tawaran dan pilihan agama. Korelasi perbuatan manusia dengan pemilihan calon pasangan hidup yang menjadi bahasan penulis ini ialah, jangan membebani kriteria dalam memilih pasangan hidup dengan kriteria yang akan memberikan dampak kesulitan pada diri kita nantinya. Kriteria itu boleh untuk kita buat dan dijadikan sebagai pedoman. Akan tetapi, jangan sampai kriteria itu pula nanti yang akan menyulitkan kita atau bahkan menghalangi kita untuk melangsungkan pernikahan. Kriteria yang telah dibuat itu, hanya menjadi landasan sekunder yang bersifat pilihan, ketika kriteria itu tidak terpenuhi secara keseluruhan, bukan berarti kita tidak melangsungkan pernikahan. Karena hal itu bukan bersifat primer. Kata Kunci: Tinjauan Hukum Islam, Kriteria memilih calon pasangan hidup, Mahasiswa Hukum keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Aug 2021 05:18
Last Modified: 12 Aug 2021 05:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54242

Actions (login required)

View Item View Item