Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ ALQUR’AN (STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIAH HIDAYATULLAH DAN SEKOLAH TINGGI QUR’AN CENTER KOTA BATAM)

PARIDA TARIGAN, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ ALQUR’AN (STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIAH HIDAYATULLAH DAN SEKOLAH TINGGI QUR’AN CENTER KOTA BATAM). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Parida Tarigan : “Strategi Pembelajaran program unggulan Tahfidz qur’an di Sekolah tinggi ilmu tarbiyah Hidayatullah dan Sekolah tinggi ilmu Alqur’an di al- qur’an Center” Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu cara yaitu menghafalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al-Qur’an,serta nilai keunikanya di masing masing perguruan tinggi, ditinjau dari sudut pandang strategi yang di gunakan, Dosen dan mahasiswa di Sekolah tinggi ilmu tarbiyah Hidayatullah dan sekoah tinggi ilmu Alqur’an di Alqur’an center kota Batam. teknik analisis data dan penarikan kesimpulan Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah kualitatif Miles dan Huberman,yaitu mengemukakan bahwa aktifitas dalam analisis data kualitatif di lakukan secara interaktif dan di lakukan secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh artinya tidak lagi di peroleh data atau informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pengajaran tahfidz yang diterapkan di Sekolah tinggi Ilmu Alqur’an di Alqur’an Center dan sekolah tinggi ilmu tarbiyah Hidayatullah memiliki keunikan masing masing, ada juga persamaan dan juga perbedaanya yaitu sama sama menggunakan strategi pembelajaran kelompok ( kooperatif learning ) dengan murojaah bersama dan pembelajaran individu setoran langsung adapun metode yang digunakan metode tasmi’,murojaah,sambung ayat, tebak surat setoran mandiri dan keunikanya mahasiswa mengahfal dengan teknik mencintai bahasa arab, menghafal di mulai dengan menguasai terjemahanya atau maknanya berupa target tahfidz penuh yaitu mahasiswa harus setoran 30 juz selama masa study 4 tahun dan juga program tahfidz terbatas.kelemahanya kurang mempelajari pelajaran lainya terfokus kepada Alqur’an. Sedangkan di Sekolah tinggi ilmu tarbiyah kota Batam adalah memiliki keunikan tersendiri di samping mempelajari banyak cabang ilmu juga menerapkan program unggulan pembelajaran tahfidz, ini sangat unik karena tidak semua perguruan tinggi islam memiliki program tahfidz seperti ini semoga kedepanya institutut agama islam negri ( IAIN ) dan universitas islam ( UIN ) juga menerapkanya. Adapun Strategi unik yang di temukan oleh peneliti di Alqur’an center melalui hasil wawancara dengan mahasiswa semester 2 yang telah hafal 30 juz dengan mengikuti program tahfidz penuh strategi yang di gunakan mahasiswa melalui kecintaan terhadap bahasa Arab, mengetahui artinya terlebih dahulu sehingga lebih faham dan mudah untuk di hafalkan.secara cepat, ini strategi unik yang peneliti temukan. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Tahfidz Qur’an.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Aug 2021 05:11
Last Modified: 12 Aug 2021 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54241

Actions (login required)

View Item View Item