Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI

Putri Rahma Dani, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Rahma Dani (2021): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Creative Problem Solving pada Materi Statistika untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi pembelajaran statistika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Perhentian Raja dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa kelas XI SMK Negeri 1 Perhentian Raja yang berjumlah 10 orang karena dalam keterbatasan situasi Covid-19. Sampel penelitian adalah kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Objek pada penelitian ini adalah LKS matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas LKS matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,19%) dan sangat praktis (90,33%). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh sebesar 3,54 dengan dk= 18 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan representasi matematis antara siswa kelas eksperimen dengan rata-rata skor posttest 86 dan siswa kelas kontrol dengan rata-rata skor posttest 75,2. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan model Creative Problem Solving ini telah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Model Creative Problem Solving, Statistika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:55
Last Modified: 13 Aug 2021 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54216

Actions (login required)

View Item View Item