Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tebak Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdhotut Tholabah Bina Baru Kampar Kiri Tengah

Nur Purwanti, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tebak Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdhotut Tholabah Bina Baru Kampar Kiri Tengah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Purwanti, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tebak Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdhotut Tholabah Bina Baru Kampar Kiri Tengah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdhotut Tholabah Bina Baru Kampar Kiri Tengah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 24 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdhotut Tholabah Bina Baru Kampar Kiri Tengah. Objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dan Kemampuan Kerja Sama Siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan di peroleh rata-rata kerja sama siswa hanya 55,0 atau berada pada kategori “kurang”. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, rata-rata kerja sama siswa meningkat menjadi 57,42 dengan kategori kurang. Kemudian pada siklus II rata-rata kerja sama siswa terjadi peningkatan menjadi 61 tergolong “cukup” Pada siklus II pertemun 3 meningat menjadi 77,99 tergolong “baik”. Pada pertemuan 4 siklus II kerja sama siswa mengalami peningkatan menjadi 82,55 tergolong “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdhotut Tholabah Bina Baru Kampar Kiri Tengah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tebak Kata, Kerja Sama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:26
Last Modified: 12 Aug 2021 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54202

Actions (login required)

View Item View Item