Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru

Indah Walfath, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah Walfath, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdsarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kratif siswa, sebelum tindakan, 8 orang siswa atau 40% yang mampu mencetuskan banyak gagasan, 7 orang siswa atau 35% yang mampu menghasilkan gagasan atau jawaban, 10 orang siswa atau 50% yang mampu melahirkan ungkapan baru,hanya 5 orang atau 25% yang mampu mengembangkan gagasan. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing siklus 1 kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan, 10 orang siswa atau 50% yang mampu mencetuskan banyak gagasan, 13 orang siswa atau 65% yang mampu menghasilkan gagasan atau jawaban, 11 oranng siswa atau 55% yang mampu melahirkan ungkapan baru, 10 orang siswa atau 50% yang mampu mengembangkan gagasan. Pada siklus II kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dibanding siklus I, yaitu 16 orang siswa atau 80% yang mampu mencetuskan banyak gagasan, 18 orang siswa atau 90% yang mampu menghasilkan gagasan atau jawaban, 19 orang siswa atau 95% yang mampu melahirkan ungkapan baru, 17 orang siswa atau 85% yang mampu mengembangkan gagasan. Pada siklus 2 kemampuan berpikir kreatif siswa mampu mencapai target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Matematika kelas IV MI Muhammadiyah 03 pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:44
Last Modified: 11 Aug 2021 23:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54193

Actions (login required)

View Item View Item