Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SCANNING SETTING PROTEKSI DISTANCE RELAY PADA PENGHANTAR 150 kV GARDU INDUK GARUDA SAKTI KE GARDU INDUK BALAI PUNGUT

Nadhira Benedicta, - (2021) ANALISIS SCANNING SETTING PROTEKSI DISTANCE RELAY PADA PENGHANTAR 150 kV GARDU INDUK GARUDA SAKTI KE GARDU INDUK BALAI PUNGUT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap TA sampai lampiran kecuali hasil penelitian UIN SUSKA RIAU NADHIRA BENEDICTA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian Nadhira Benedicta.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Pada saluran transmisi, potensi gangguan yang terjadi adalah gangguan hubung singkat. Gardu induk pada sistem 150 kV menggunakan rele jarak sebagai sistem proteksi utama. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis koordinasi rele jarak yang terdapat pada saluran 150 kV Garuda Sakti – Balai Pungut dalam mengatasi gangguan. Penelitian ini dilakukan dengan melihat nilai jangkauan setting eksisting pada PT.PLN apakah sudah sesuai standar IEEE dan NPAG Alstom. Setting yang belum memenuhi standar dilakukan resetting. Setting rele yang didapatkan dari PT. PLN disimulasikan menggunakan software DIgSILENT 15.1 untuk menganalisis kinerja rele dan koordinasi antar rele agar bekerja dengan andal . Hasil scanning dari data setting existing yang disimulasikan dalam diagram R-X menunjukkan bahwa rele jarak pada saluran 150 kV Garuda Sakti – Balai Pungut memiliki nilai setting yang tidak sesuai dengan standar. Jangkauan zona 1 rele Garuda Sakti arah Balai Pungut memiliki jangkauan sebesar 71,03% dan zona 1 rele Balai Pungut arah Garuda Sakti memiliki jangkauan sebesar 79,87% dimana pada standar zona 1 seharusnya memiliki jangkauan sebesar 85%-90%. Gangguan pada sistem setting existing disimulasikan pada jarak 30% - 50% dari total Panjang saluran Garuda Sakti-Balai Pungut dan arah sebaliknya. Setelah dilakukan resetting dan perhitungan ulang didapatkan nilai jangkauan yang baru untuk zona 1 rele Garuda Sakti arah Balai Pungut sebesar 85,2% dan rele Balai Pungut arah Garuda Sakti sebesar 85,77%. Setelah dilakukan resetting diperoleh nilai jangkauan baru yang sudah sesuai standar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:43
Last Modified: 11 Aug 2021 23:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54191

Actions (login required)

View Item View Item