Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Stategi Listening Team Berbantu Audio Visual untuk Meningkat Keterampilan Menyimak Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar.

Nur Hanifah Nabila, - (2021) Penerapan Stategi Listening Team Berbantu Audio Visual untuk Meningkat Keterampilan Menyimak Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIMRIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi Listening Team berbantu media audiovisual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketrampilan menyimak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak tahun pelajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah strategi Listening Team dan keterampilan menyimak. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksankan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelum tindakan 3 orang siswa atau 16,66% berada pada kategori menyimak baik, 1 orang siswa atau 5,55% berada pada kategori menyimak cukup, dan 14 orang siswa atau 77,77% berada pada kategori menyimak kurang. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan strategi Listening Team. Pada siklus I keterampilan menyimak siswa ada peningkatan, 10 orang siswa atau 55,55% pada kategori menyimak baik, 1 orang siswa atau 5,55% pada kategori menyimak cukup dan 6 orang siswa atau 33,33% pada kategori menyimak kurang. Pada siklus II keterampilan menyimak siswa ada peningkatan, yaitu 11 orang siswa atau 61,11% pada kategori menyimak sangat baik, 6 orang siswa atau 33,33% pada kategori menyimak baik dan 1 orang siswa atau 5,55% pada kategori menyimak kurang. Pada siklus II keterampilan menyimak siswa mencapai target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa stategi Listening Team berbantu media audiovisual dapat meningkatkan II keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Stategi Listening Team dan Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:35
Last Modified: 11 Aug 2021 23:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54183

Actions (login required)

View Item View Item