Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Media Kotak Kartu Misteri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar.

Eka Satya Yulanda, - (2021) Penerapan Media Kotak Kartu Misteri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIMRIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui media kotak kartu misteri pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah media kotak kartu misteri dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan media kotak kartu misteri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kreatif siswa rata-rata hanya mencapai rata-rata 5,55 dengan kategori sangat rendah. Kemudian dilakukan tindakan dengan media kotak kartu misteri pada siklus I, nilai kemampuan berpikir kreatif siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata mencapai mencapai 27,77 masih dengan kategori sangat rendah, kemampuan berpikir kreatif siswa sudah mulai meningkat namun masih belum mencapai indikator yang diharapkan, selanjutnya dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikri kreatif siswa meningkat dengan rata-rata 77,77 dengan kategori kreatif. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan media kotak kartu misteri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Media Kotak Kartu Misteri, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:32
Last Modified: 11 Aug 2021 23:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54181

Actions (login required)

View Item View Item