Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TERAPI TILAWAH AL-QUR’AN DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA SMP NEGERI 9 PEKANBARU

EMLIYATI, - (2021) PENGARUH TERAPI TILAWAH AL-QUR’AN DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA SMP NEGERI 9 PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
TESIS EMLIYATI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
TESIS EMLIYATI BAB GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konsep diri memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan remaja (Kholidah, 2016). Untuk itu remaja perlu diarahkan meningkatkan konsep diri mereka. Salah satunya dengan konseling kelompok menggunakan terapi tilawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi tilawah dalam konseling kelompok terhadap peningkatan konsep diri siswa di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan quasi eksperiment, sampel penelitian sebanyak 10 siswa kelas 8 yang dibagi dalam kelompok eksperiment dan kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan yang pertama Paired sample T-Test, hasil uji tersebut diperoleh nilai sig.(2-t sebesar 0.000 <0.05 yang berarti ada perbedaan ratarata hasil konsep diri pretest dan posttest kelompok eksperimen. Analisis data kedua menggunakan Independent Sampel T.Test dengan hasil yang diperoleh nilai sig (2- tailed) sebesar 0.000 < 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konseling kelompok dengan memberikan terapi tilawah alQur'an untuk meningkatkan konsep diri siswa melalui pretest dan posttest kelompok eksperimen. Kata Kunci: Konsep Diri, Konseling Kelompok, Terapi Tilawah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:36
Last Modified: 18 Aug 2021 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54179

Actions (login required)

View Item View Item