Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa melalui Penerapan Strategi Debat Aktif pada Tema Globalisasi Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris.

Khotkani Safitri, - (2021) Meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa melalui Penerapan Strategi Debat Aktif pada Tema Globalisasi Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Khotkani Safitri, (2021): Meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa melalui Penerapan Strategi Debat Aktif pada Tema Globalisasi Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema globalisasi kelas VI Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi debat aktif di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan 12 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi debat aktif dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatf dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi debat aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase keterampilan berbicara siswa hanya 66,31% dengan kategori kurang karena berada pada rentang <69%, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 76,04% dengan kategori cukup karena berada pada rentang 70-79%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,99% dengan kategori baik karena berada pada rentang 80-89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi debat aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema Globalisasi di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris Kata Kunci : Debat Aktif, Keterampilan Berbicar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:42
Last Modified: 11 Aug 2021 23:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54170

Actions (login required)

View Item View Item