Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Cerita Berantai Untuk Menigkatkan Keterampilan Bebicara Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Lingkungan Tempat Tinggalku Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hj Kamisih Duri Kabupaten Bengkalis

Samhana Taris, - (2021) Penerapan Metode Cerita Berantai Untuk Menigkatkan Keterampilan Bebicara Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Lingkungan Tempat Tinggalku Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hj Kamisih Duri Kabupaten Bengkalis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Samhana Taris, (2021): Penerapan Metode Cerita Berantai Untuk Menigkatkan Keterampilan Bebicara Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Lingkungan Tempat Tinggalku Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hj Kamisih Duri Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Hj Kamisih Duri Kabupaten Bengkalis muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode cerita berantai di kelas IV MI Hj Kamisih Duri Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bebicara siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode cerita berantai dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatf dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase keterampilan berbicara siswa hanya 57,69% dengan kategori kurang karena berada pada rentang <70%, Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 70,19% dengan kategori cukup karena berada pada rentang 70-79%, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,1% dengan kategori sangat baik karena berada pada rentang 89-100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku dan subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV MI Hj Kamisih Duri Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci : Cerita Berantai, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:35
Last Modified: 12 Aug 2021 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54153

Actions (login required)

View Item View Item