Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK SISWA SMP/MTs

Nadya Tafari, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Nadya Tafari, (2021) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Operasi Aljabar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa berupa Lembar Kerja Siswa Matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi Operasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Pekanbaru tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, serta siswa kelas VII MTs Negeri 1 Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dokumentasi dan wawancara. Intsrumen penelitian berupa pedoman wawancara, dokumen pendukung, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrument keefektifan yaitu soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 88,29%. Berdasarkan uji kepraktisan, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktissan kelompok kecil 85,52%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah tutup dalam waktu yang cukup lama selama akibat covid-19. Dengan demikian hasil penelitian inidapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi operasi aljabar di kelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Problem Based Learning (PBL), Operasi Aljabar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:23
Last Modified: 11 Aug 2021 23:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54129

Actions (login required)

View Item View Item