Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)

NOVITA YULIAZMAR LESTARI, - (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis model problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek pada penelitian ini adalah Modul Pembelajaran Matematika berbasis model problem based learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Sampel pada penelitian ini diambil dari peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yaitu lembar validasi instrument penelitian, lembar validasi modul oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon pendidik dan peserta didik dan instrumen keefektifan yaitu tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, Modul Pembelajaran Matematika berbasis model problem based learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 91,80%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa Modul Pembelajaran Matematika berbasis model problem based learning sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 85,85%. Kemudian untuk hasil uji keefektifan tidak dapat dilakukan karena situasi dan kondisi tidak mendukung dimasa pandemi covid-19. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Model Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 00:46
Last Modified: 11 Aug 2021 00:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54109

Actions (login required)

View Item View Item