Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY AND SOCIETY TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV DI KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU

Arinta Indah Ramadhani, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY AND SOCIETY TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV DI KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Arinta Indah Ramadhani, (2021): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science, Technology and Society Terintegrasi Keislaman untuk Meningkatan Keterampilan Proses Pada Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Science, Technology and Society Terintegrasi Keislaman untuk Meningkatan Keterampilan Proses Pada Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil observasil awal ratarata ketuntasan keterampilan proses secara klasikal hanya sebesar 48,14% dengan kategori Kurang Sekali. Hasil wawancara dan review bahan ajar LKPD menunjukan bahwa LKPD dibeli dari pihak penerbit belum mengandung sub asepek keterampilan proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE aitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen yang digunakan adalah instrument data validitas dan instrument praktikalitas Intrumen data validitas diperoleh dari lembar validasi. Instrumen data praktikalitas diperoleh dari angket respon peserta didik dan guru. Berdasarkan analisis data validitas, validai lembar kerja pesertta didik adalah 93,15% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan layak untuk diuji cbakan sebagai lembar kerja peserta didik. Hasil praktikalitas lembar kerja peserta didik pada uji coba kelompok kecil adalah 90,59% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil respon guru dengan ratarata 90,25% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan sangat praktis untuk meningkatkan Keterampilan Proses dan layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Science, Technology and Society, Terintegrasi Keislaman, Keterampilan Proses

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Aug 2021 23:36
Last Modified: 10 Aug 2021 23:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54093

Actions (login required)

View Item View Item