Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS ISLAM MATERI BENDA-BENDA SEKITAR KITA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA PEKANBARU

Elvi Unniyah, - (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS ISLAM MATERI BENDA-BENDA SEKITAR KITA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Elvi Unniyah, (2021): Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Islam Materi Benda-Benda Sekitar Kita Pada Madrasah Ibtidaiyah Di kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa, (Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Islam Materi Benda-Benda Sekitar kita pada madrasah ibtidaiyah kota pekanbaru) siswa yang valid dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan Wawancara dan Analisis yang peneliti lakukan bahwa modul pembelajaran yang digunakan adalah modul pembelajaran yang bersifat umum , yang dibeli oleh sekolah kepada penerbit. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah instrumen data validitas dan data praktikalitas. Instrumen data validitas diperoleh dari lembar validasi, instrumen data praktikalitas diperoleh dari angket respon siswa dan respon guru. Berdasarkan hasil analisis data validitas, validitas lembar modul oleh validator ahli media yaitu : 95,00% dalam kriteria “ Sangat Valid ” sedangkan validator ahli materi yaitu: 92,53% dalam kriteria “ Sangat Valid ” Sedangkan validator ahli bahasa dalam kriteria : 93,29 % dalam kriteria “ Sangat Valid “. Hasil praktikalitas modul pembelajaran tematik berbasis islam materi benda-benda sekitar kita pada uji coba produk yaitu Respon guru 92.50 % dalam kriteria “ “Sangat praktis” Sedangkan respon siswa 92.68 % dalam kriteria “ Sangat Praktis”. Layak untuk digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis islam materi benda-benda sekitar kita yang dikembangkan sangat praktis. Kata Kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Islam Materi Benda-Benda Sekitar Kita.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Aug 2021 23:38
Last Modified: 10 Aug 2021 23:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54067

Actions (login required)

View Item View Item