Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA PEKANBARU

DINA ISTIQOMAH, - (2021) PENGEMBANGAN (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Dina Istiqomah, (2021): Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran LKPD pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE, tahap yang dilalui antara lain, analysis, kebutuhan siswa, kurikulum dan karakteristik peserta didik, design, perancangan Teknologi dan materi, development, validasi oleh ahli media dan ahli materi, implementasi, uji coba produk pada kelompok kecil dan terbatas dan tahap akhir evaluasi. Data dianalisis secara kuantitaif dan kualitatif. Produk di validasi oleh ahli Teknologi dengan hasil persentase 89,58%. Validasi ahli materi 83,75%, validasi soal pemahaman konsep 80%. Uji coba kelompok kecil menghasilkan 87,24% sedangkan kelompok terbatas dengan persentase 83,95 %. Sedangkan pemahaman konsep peserta didik dengan nilai thitung > ttabel yaitu 10,66 > 2,10092 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep peserta didik antara hasil pretest dan posttest. Hal tersebut menunjukkan media Lembar Kerja Peserta Didik pada mata pelajaran matematika telah valid, praktis dan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, LKPD, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Aug 2021 23:15
Last Modified: 10 Aug 2021 23:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54053

Actions (login required)

View Item View Item