Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PINJAMAN MODAL OLEH USAHA EKONOMI KELURAHAN SIMPAN PINJAM (UEK-SP) MOLEK BERSATU TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MASYARAKAT DI KELURAHAN AIR MOLEK 1 KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

ADE SYAH PUTRA, - (2021) EFEKTIVITAS PINJAMAN MODAL OLEH USAHA EKONOMI KELURAHAN SIMPAN PINJAM (UEK-SP) MOLEK BERSATU TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MASYARAKAT DI KELURAHAN AIR MOLEK 1 KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterbatasan modal usaha dialami masyarakat untuk mengembangkan usahanya dan Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) Molek Bersatu sebagai UEK-SP yang berbasis di kelurahan air molek 1 menyalurkan bantuan pinjaman modal guna untuk membantu masyarakat mengembangkan usahanya,dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teori yaitu efektivitas, pinjaman modal,dan pengembangan usaha masyarakat,populasi pada penelitian ini ada sebanyak 211 masyarakat penerima manfaat pinjaman modal sampel yag diambil sebanyak 52 orang, dengan menggunakan teknik random sampling apabila jumlah responden kurang dari 100, sampel diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi sedangkan apabila jumlah responden lebih dari 100,maka pengambilan sampel 10%15% atau 20%-25% atau lebih maka disini penulis mengambil sampel 25% dari total keseluruhan populasi. Teknik pengeumpulan data observsi,kusioner,dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif,data diproses menggunakan SPSS 16. Nilai uji hipotesis sebesar 5,872 dan koefisien determinasi sebesar 0,802 serta uji korelasi sebesar 0,896 (r = 89,6). Hal ini menunjukkan bahwa Hubungan Efektivitas Pinjaman Modal Oleh UEK-SP Molek Bersatu Terhadap Pengembangan Usaha Masyarakat Di Kelurahan Air Molek 1 Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu berada pada nilai rata-rata interval 0,80- 0,1000 yang berarti sangat kuat. Sehingga Ha diterima dan Ho di tolak. Ini menunjukan bahwa hubungan efektivitas pinjaman modal oleh UEK-SP Molek Bersatu Kuat terhadap pengembangan usaha masyarakat kelurahan air molek 1 kecamatan pasir penyu kabupaten indragiri hulu. Oleh sebab itu pengamatan penulis yang menjelaskan bahwa dengan adanya pinjaman modal yang diberikan oleh UEK-SP Molek Bersatu kepada masyarakat efektiv terhadap pengembangan usaha masyarakat. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian penulis bahwa benar pinjaman modal oleh UEK-SP Molek Bersatu ini memiliki efektivitas terhadap pengembangan usaha masyarakat. Kata Kunci : Efektivitas, Pinjaman Modal, Pengambangan Usaha Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 06:46
Last Modified: 11 Aug 2021 06:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54032

Actions (login required)

View Item View Item