Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Sistem Upah Mangomo Pada Buruh Tani Di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Dalam Perspektif Ekonomi Syariah”.

Sutan, - (2021) Sistem Upah Mangomo Pada Buruh Tani Di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Dalam Perspektif Ekonomi Syariah”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sutan, (2021): “Sistem Upah Mangomo Pada Buruh Tani Di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman Dalam Perspektif Ekonomi Syariah”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh upah yang diterima oleh buruh tani tidak tepat waktu, dengan akad perjanjian di awal kerja buruh akan menerima upah setelah pekerjaan semua telah selesai, namun kenyataannya upah mereka tidak diberikan tepat pada waktunya tetapi menunggu beberapa hari setelah hasil panen padi terjual oleh pemilik lahan. Hal ini tidak sesuai dengan keadilan karna salah satu pihak ada yang dirugikan. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem upah mangomo pada buruh tani di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman, Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Pekerjaan Dalam Sistem Upah Mangomo pada buruh tani di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman dan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap upah buruh tani di Desa Beringin Tanjung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Subjek dalam penelitian ini adalah buruh tani dan Objek penelitian ini adalah sistem upah buruh tani di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 orang sebagai pemilik lahan dan 20 orang sebagai buruh tani, seluruh populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem upah yang diterapkan di Desa Beringin Tanjung Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman menggunakan sistem upah adalah berapa luas lahan yang dikerjakan maka upah yang diterima akan sebanding juga, dalam sistem Upah Mangomo ini terjadi keterlambatan pembayaran upah yang tidak sesuai dengan ketepatan waktu pembayaran upah. Faktor Pendukung dalam melakukan pekerjaan seperti keahlian petani dan peralatan petani dan Faktor Penghambat pada buruh panen padi adalah seperti akses jalan yang rusak dan cuaca buruk seperti hujan. Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap sistem upah mangomo pada buruh tani yaitu upah buruh tani panen padi ini belum sesuai dengan prinsip ekonomi syariah dalam konsep ketepatan waktu dalam pembayaran upah sementara dalam konsep jumlah nominal upah yang diterima sudah sesuai dengan ekonomi Syariah. Kata kunci : Upah, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2021 23:19
Last Modified: 10 Aug 2021 23:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54027

Actions (login required)

View Item View Item