Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN SALAI TAMBAN PADA MASA NEW NORMAL MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga)

Nur Dinda Ramadani, - (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN SALAI TAMBAN PADA MASA NEW NORMAL MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Dinda Ramadani (2021) : Strategi Pengembangan Usaha Ikan Salai Tamban Pada Masa New Normal Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga). Ikan tamban merupakan salah satu ikan yang banyak dihasilkan dari laut yang berada di Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Hasil laut ini dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Lanjut untuk diproduksi menjadi suatu usaha yang dikenal dengan usaha ikan salai tamban. Namun, permasalahan mengenai fenomena Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap strategi pengembangan usaha ikan salai tamban di Desa Lanjut. Adapun masalah dalam penelitian ini bagaimana strategi pengembangan usaha ikan salai tamban di Desa Lanjut pada masa new normal dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pengembangan usaha ikan salai tamban di Desa Lanjut pada masa new normal. Penelitian ini dilakukan di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga dengan subjek penelitian pengusaha ikan salai tamban Desa Lanjut dan objek penelitian yaitu strategi pengembangan usaha ikan salai tamban. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, dikarenakan populasi relative sedikit maka populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Adapun hasil dari peneltian ini, Dalam pengembangan usaha ikan salai tamban di masa new normal ini, pengusaha ikan salai tamban di Desa Lanjut telah menerapkan strategi pengembangan usaha, seperti strategi produk dengan tetap menjaga kualitas produk, strategi harga dengan menyesuaikan harga yang ditetapkan dengan perekonomian konsumen yang saat ini sedang menurun, kemudian strategi promosi yang dilakukan secara door to door atau mouth to mouth, dan strategi tempat yang berkaitan dengan pendistribusian ke luar kota di masa new normal ini yang masih menjadi hambatan. Sedangkan dari tinjauan ekonomi syariah strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi tempat yang diterapkan dalam usaha ikan salai tamban ini sudah sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci : Strategi Pengembangan,New Normal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Aug 2021 03:40
Last Modified: 11 Aug 2021 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54009

Actions (login required)

View Item View Item