Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“ZUHUD DALAM PERSPEKTIF AL-ᾹLUSÎ ( Studi Analisis Terhadap Tafsir Rûh Al-Ma‟Ᾱni fi Tafsir Al-Qur‟an Al-Adzim WaSab‟Al-MatsᾹni)

FIRDAUS, FD (2021) “ZUHUD DALAM PERSPEKTIF AL-ᾹLUSÎ ( Studi Analisis Terhadap Tafsir Rûh Al-Ma‟Ᾱni fi Tafsir Al-Qur‟an Al-Adzim WaSab‟Al-MatsᾹni). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
BAB 1- 5 firdaus.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV Zuhud firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan dari latarbelakang masalah diantara sekian banyak orang masih kurang yang memahami arti dari zuhud. Setiap harinya orang-orang bukan tekun beribadah, tetapi sibuk dengan pekerjaannya tanpa mengenal waktu. Mereka hanya mengejar kehidupan dunia dan lupa dengan kehidupan akhirat. Maka dalam hal ini yang menjadi rumusan masalahnya adalah, Bagaimana penafsiran Al-Ᾱlūsi tentang ayat-ayat zuhud dan bagaimana relevansi penafsiran Al-Ᾱlūsi tentang ayat zuhud terhadap Zaman modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penafsiran al-Ᾱlūsi tentang ayat-ayat zuhud serta mengetahui bagaimana relevansi zuhud pada zaman modern. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian literatur atau penelitian pustaka (library reseach). Artinya penelitian ini didasarkan pada yang tertulis berasal dari kitab, buku jurnal dan sumber-sumber data tertulis lainnya yang berguna dan mendukung penelitian ini. Penelusuran data ini dilakukan terhadap kitab-kitab klasik dan modern serta buku-buku yang berhubungan dengan konsep zuhud. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penafsiran Al-Ᾱlūsi dalam kitabnya Tafsîr Rūh al-Ma‟āni Fi Tafsîr Al- Qur‟ān al-Adzim wa sab„ al-Matsāni tentang ayat zuhud adalah al-Ghariba „anhu (membenci), membenci bukan berarti tidak boleh atau tidak mau mengambil bahagian dari kesenangan dunia akan tetapi lebih menggunakannya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Relevansinya terhadap zaman modern sangat bernilai positif, terlebih dizaman pandemi ini berlaku zuhud bisa membuat seseorang lebih dewasa menghadapi semua permasalahan yang semuanya akan bermuara kepada sang pencipta juga yaitu Allah SWT

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:16
Last Modified: 10 Aug 2021 06:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54004

Actions (login required)

View Item View Item