Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN UNIT USAHA SYARIAH BANK RIAU KEPRI PADA MASA SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Unit Usaha Syariah Bank Riau Kepri pada September 2019-September 2020)

ICHSAN JAMIL HALIM, - (2021) ANALISIS KINERJA KEUANGAN UNIT USAHA SYARIAH BANK RIAU KEPRI PADA MASA SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Unit Usaha Syariah Bank Riau Kepri pada September 2019-September 2020). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI ICHSAN JAMIL HALIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ichsan Jamil Halim (2021) : Analisis Kinerja keuangan Unit Usaha Syariah Bank Riau Kepri Pada Masa sebelum dan Masa Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pandemi covid-19 yang mengguncang beberapa sektor-sektor vital kehidupan di berbagai penjuru dunia seperti pendidikan, parawisata, ekonomi dan tentunya kesehatan pada periode awal tahun 2020. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kinerja Unit Usaha Syariah Bank Riau Kepri pada masa sebelum dan masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data sekunder. Analisis data sekunder merupakan suatu metode dengan memanfaatkan data sekunder sebagai sumber data utama. Memanfaatkan data sekunder yang dimaksud yaitu dengan menggunakan sebuah teknik uji statistik yang sesuai untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dari tubuh materi atau data yang sudah matang yang diperoleh pada instansi atau lembaga tertentu kemudian diolah secara sistematis dan objektif. Hasil penelitian tentang kinerja Unit Usaha Syariah Bank Riau Kepri menunjukan adanya perubahan dengan menggunakan quick ratio, investing policy ratio, banking ratio, asset to loan ratio, cash ratio dan loan to deposit ratio, asset ratio, primary ratio, dan seccondary ratio . Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat terlihat adanya kenaikan pada quick ratio sebesar 20,2%, Investing policy ratio sebesar 29,34%, asset to loan ratio sebesar 5%. Sementara itu terjadi penurunan terhadap loan to deposit ratio sebesar 6,6%, banking ratio sebesar 4,52% dan cash ratio sebesar 17,79%. Untuk rasio solvabilitas juga dapat terlihat beberapa perunahan dengan menggunakan tiga jenis rasio yaitu risk. Untuk risk asset ratio dan seccondary ratio, terjadi penurunan sebesar 155,51% dan 165,7%. Sementara primary ratio terjadi kenaikan. Sebesar 34,01%. Faktor-faktor pendukung Unit Usaha Syariah Bank Riau Kepri pada masa pandemi ini adalah sebagian besar nasabahnya merupakan pegawai negeri sipil yang membuat potensi terjadinya kredit macet menjadi berkurang karena pihak bank hanya akan memotong gaji nasabah jika nasabah tak mampu membayar. Yang kedua dengan faktor saham dimiliki oleh pemerintah daerah, dapat membuat Unit Usaha Syariah Bank Riau Kepri tetap bertahan dikarenakan, dana pemerintahan daerah terhimpun disana. Sementara untuk faktor penghambat kinerja, lesunya aktivitas ekonomi menjadi momok yang menakutkan karena akan berpengaruh dengan menurunnya jumlah peminjaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Aug 2021 03:36
Last Modified: 11 Aug 2021 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53996

Actions (login required)

View Item View Item