Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru

Lailatul Badriya, - (2021) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
gabungan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

ABSTRAK Lailatul Badriya (2021): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Quasy Experiment dan desain yang digunakan adalah Pottest-Only Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan seluruh siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru yang berjumlah 125 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 dan XI IPS 2 yang berjumlah 30 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah test “t”. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas experimen 80,67 dan nilai rata-rata kelas kontrol 65.33. Berdasarkan analisis uji t, diketahui thitungsebesar 4,954 kemudian dikonfirmasikan dengan nilai sig.(2-tailed)yaitu 0,000<0,05. Artinya Strategi Pebelajaran Inquiri memiliki pengaruh yang dapat dipercaya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Pembelajaran Inquiri, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 01:15
Last Modified: 11 Aug 2021 01:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53985

Actions (login required)

View Item View Item