Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kalam Insyai Thalabi Pada Ayat-Ayat Pendidikan Dalam Al-Quran Al-Karim

Fadhila Zulfa, - (2021) Analisis Kalam Insyai Thalabi Pada Ayat-Ayat Pendidikan Dalam Al-Quran Al-Karim. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FADHILA ZULFA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fadhila Zulfa (2021): Analisis Kalam Insyai Thalabi Pada Ayat-Ayat Pendidikan Dalam Al-Quran Al-Karim Al-Qur’an banyak mencakup ayat-ayat yang berisi tema pendidikan, mulai dari kewajiban belajar, tujuan pendidikan, objek pendidikan, dan lain-lain. Ayatayat tersebut menggunakan berbagai macam uslub yang menjadikannya indah, tidak monoton, dan sarat makna. Di antara uslub yang dimaksud adalah kalam insya’ thalabiy, yaitu sebuah ungkapan yang menuntut tercapainya sesuatu bukan pada waktu diungkapkan. Kalam insya’ t}alabiy ini terdiri dari lima macam: amr, nahy, istifham, tamanni, dan nida’. Kelimanya memiliki shigah masing-masing. Shigah-shigah yang ada itu terkadang memunculkan makna aslinya dan ada kalanya memunculkan makna lain yang berbeda dari makna aslinya. Dalam surat al-Maidah ayat 67 misalnya, kata “ballig” merupakan bentuk amr yang mengandung makna aslinya, yaitu perintah untuk menyampaikan ajaran Allah. Sementara kata “unzur” pada surat al-Rum ayat 50 yang juga berbentuk amr, tidak berisi perintah sebagai kewajiban melainkan sarana mengambil pelajaran (al-i’tibar). Berdasarkan data yang dikemukakan di atas dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang perlu dicari jawabannya melalui penelitian ini. Pertama, apa sajakah ayat-ayat pendidikan yang mengandung kalam insya’ altalabiy di dalam al-Qur’an. Kedua, bagaimana bentuk kalam insya’ al-talabiy yang terdapat di dalam ayat-ayat pendidikan. Ketiga, apa tujuan dan makna kalam insya’ al-talabiy yang terkandung di dalam ayat-ayat pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut dan diharapkan mampu mendatangkan manfaat akademik bagi peneliti, kampus, dan orang lain yang menaruh perhatian terhadap kajian pendidikan dan ilmu balagah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang keseluruhan datanya berdasarkan referensireferensi kepustakaan berupa buku, jurnal, dan penelitian ilmiah. Ia juga termasuk dalam jenis penelitian deskriptif-kualitatif yang berupaya menjelaskan data-data yang ada melalui penjelasan dan gambaran yang tidak didasari oleh analisis statistik. Langkah-langkah penelitian dilalui dengan beberapa tahapan seperti pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Setelah melalui tahapan analisis ditemukan adanya 47 ayat pendidikan yang mengandung kalam insya’ al-talabiy. Dua puluh enam ayat di antaranya mengandung jenis amr; lima ayat mengandung nahiy; enam ayat mengandung istifham; dua ayat mengandung tamanniy; dan delapan ayat mengandung nida’. Dari lima jenis kalam insya’ altalabiy ini ada yang tetap pada makna aslinya dan ada yang menunjukkan makna lain. Adapun isi atau kandungan yang terdapat dalam kalam insya’ al-talabiy tersebut terdiri dari 12 tema pendidikan. Di antaranya tentang kewajiban belajar, tujuan pendidikan, objek pendidikan, metode pembelajaran, dan materi pendidikan. Kata kunci: kalam insya’ al-talabiy, ayat-ayat pendidikan, al-Quran al-Karim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 01:32
Last Modified: 11 Aug 2021 01:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53975

Actions (login required)

View Item View Item