Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DI MTs DARUSSALAM LALANG TANJUNG

Ainun Nur Rohmah, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT DI MTs DARUSSALAM LALANG TANJUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ainun Nur Rohmah (2021): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Tekanan Zat di Mts Darussalam Lalang Tanjung. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together pada materi tekanan zat. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Darussalam Lalang Tanjung, sebanyak satu kelas dengan jumlah 25 siswa pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari soal-soal keterampilan proses sains yang dianalisis menggunakan N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Terlihat pada rata-rata N-Gain sebesar 63 % dengan katergori “Sedang “ dan berdasarkan perhitungan hasil uji Paired Sample T Test di peroleh hasil dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari taraf signifikan 5 % (α = 0,05). Berdasarkan hasil N-Gain dan uji Paired Sample T Test tersebut dapat disimpulkan dengan demikian H_0 ditolak dan H_aditerima yang artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap keterampilan proses sains pada materi tekanan zat pada peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Lalang Tanjung. Kata Kunci : Model Kooperatif, Keterampilan Proses Sains, Numbered Heads Together (NHT), Tekanan Zat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 03:16
Last Modified: 11 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53973

Actions (login required)

View Item View Item