Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERHITUNGAN PENYUSUTAN ASET TETAP MENURUT STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN, PERATURAN PERPAJAKAN DAN DAMPAK TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA PT. RIAU MANDIRI PERKASA PEKANBARU (Studi Kasus Pada PT. Riau Mandiri Perkasa Pekanbaru)

RIZKA TIRTIANA PUTRI, - (2021) ANALISIS PERHITUNGAN PENYUSUTAN ASET TETAP MENURUT STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN, PERATURAN PERPAJAKAN DAN DAMPAK TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA PT. RIAU MANDIRI PERKASA PEKANBARU (Studi Kasus Pada PT. Riau Mandiri Perkasa Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKA TIRTIANA PUTRI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PERHITUNGAN PENYUSUTAN ASET TETAP MENURUT STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN, PERATURAN PERPAJAKAN DAN DAMPAK TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus PT. Riau Mandiri Perkasa Pekanbaru ) OLEH : RIZKA TIRTIANA PUTRI NIM. 11673201980 Penerapan metode penyusutan yang digunakan dalam laporan keuangan perusahaan, baik menurut standar akuntansi keuangan maupun ketentuan perpajakan dan pengaruh terhadap perbedaan perhitungan tersebut pada PT. Riau Mandiri Perkasa Pekanbaru.. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis neraca, laporan laba rugi, daftar aktiva tetap, kebijakan perusahaan mengenai penyusutan aktiva tetap serta penerapan aktiva tetap. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh, dikumpulkan dan dianalisa kemudian dibandingkan dengan teori-teori yang relevan selanjutnya diambil satu kesimpulan. Data penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperolehan dari pihak perusahaan dalam bentuk jadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan Dari segi penyajian Laporan keuangan PT. Riau Mandiri Perkasa Di Pekanbaru pada nilai Beban Penyusutan dan Akumulasi Depresiasi Beban Penyusutannya terjadi salah perhitungan yang disebabkan karena Aset yang telah habis masa manfaatnya tapi dari pihak perusahaan masih menghitung beban penyusutannya, seharusnya perusahaan melaporkan nilai setiap jenis aktiva dikurangi akumulasi penyusutan. Sehingga penyajian tersebut tidak akan menimbulkan kekeliruan bagi para pembaca untuk mengetahui jenis-jenis aktiva tetap yang dimiliki perusahaan dan nilai buku setiap jenis aktiva tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Perhitungan beban penyusutan Aktiva Tetap menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan berbeda menurut Undang-Undang Perpajakan bedasarkan Perbedaan tersebut penulis membuat perbandingan Beban Penyusutan. Laporan Keuangan PT. Riau Mandiri Perkasa Di Pekanbaru dengan adanya Perbedaan metode penyusutan Aktiva tetap akibat adanya beda waktu yang disebabkan adanya perbedaan beban penyusutan antara Laporan Keuangan Komersial dan Laporan Keuangan Fiskal menyebabkan besarnya Penghasilan Kena Pajak untuk Tahun Berjalan berbeda. Kata kunci : Aset Tetap, Penyusutan, Peraturan Perpajakan dan Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 11 Aug 2021 00:50
Last Modified: 11 Aug 2021 00:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53972

Actions (login required)

View Item View Item