Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH POLA ASUH KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA (BROKEN HOME) DI DESA KIJANG MAKMUR KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Dinda Bunga Mentari, Dinda (2021) PENGARUH POLA ASUH KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA (BROKEN HOME) DI DESA KIJANG MAKMUR KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pola Asuh Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja (Broken Home) Di Desa Kijang Makmur Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Masa transisi remaja dapat menimbulkan masa krisis yang biasanya ditandai dengan kecenderungan munculnya perilaku-perilaku menyimpang atau kenakalan ( Juvenile Delinquency). Kenakalan remaja adalah perbuatan yang melanggar norma aturan dan tata hukum masyarakat yang dilakukan pada usia remaja. Jika tidak ditangani dengan baik, kenakalan remaja dapat berubah menjadi perilaku criminal dan dapat membawa remaja tersebut ke dalam penjara. Secara umum, factor penyebab munculnya kenakalan remaja adalah alasan keluarga yang disebabkan oleh perceraian, kedua orang tua dan factor berikutnya adalah factor lingkungan yang dipengaruhi oleh teman bermain dan lingkungan disekitar tempat tinggal. Media juga memiliki peran untuk menyebabkan kenakalan remaja. Setiap keluarga menerapkan pola pengasuhan yang berbeda. Keluarga memiliki peranan penting dalam mencegah kenakalan remaja.salah satu cara yang dapat dilakukan keluarga untuk mencegah kenakalan remaja adalah dengan menggunakan pola asuh yang tepat. Pola asuh yang digunakan oleh orang tua memberikan pengaruh pada perilaku anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh keluarga terhadap kenakalan remaja ( broken home ) di desa kijang makmur kecamatan tapung hilir kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatf. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat di desa kijang makmur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan SPSS Statistik 17 dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pola asuh keluarga terhadap kenakalan remaja (broken home ) di desa kijang makmur. Dibuktikan pada uji hipotesis diperoleh nilai t hitung ≥ t tabel atau 0.3932 ≥ -1.714 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pola asuh keluarga terhadap kenakalan remaja (broken home) di desa kijang makmur kecamatan tapung hilir kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh keluarga, Kenakalan Remaja
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 01:23
Last Modified: 11 Aug 2021 01:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53963

Actions (login required)

View Item View Item