Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN KECAMATAN KAMPAR

Irhama, - (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN KECAMATAN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS FULL KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)

Abstract

ABSTRAK Irhama (2021) : Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN Kecamatan Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN se-Kecamatan Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMAN di Kecamatan Kampar yang berjumlah 1171 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proportionate random sampling dengan rumus Slovin yakni 300 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi data. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda yaitu Y= a + b1X1 + b2 X2. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R2 (koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0,648 atau 64,8%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan prestasi belajar siswa oleh perubahan nilai variabel bebas persepsi tentang metode mengajar guru dan motivasi belajar sebesar 64,8% sedangkan 35.2% ditentukan oleh perubahan faktor lainnya. Nilai thitung untuk variabel persepsi tentang metode mengajar guru adalah 12.427 > ttabel 1.968 dan nilai sig. 0,000 < 0.05, ini berarti ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa dan thitung untuk variabel motivasi belajar adalah 14.105 > 1.968 dan nilai sig. 0,000 < 0.05, ini berarti ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN Kecamatan Kampar. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Aug 2021 18:23
Last Modified: 12 Aug 2021 18:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53961

Actions (login required)

View Item View Item