Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENERAPAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN SYARIAH BERDASARKAN PSAK 101 (STUDI KASUS PADA KSPPS BMT AL ITTIHAD RUMBAI TAHUN 2020)

Nur Azizah, Nur (2021) ANALISIS PENERAPAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN SYARIAH BERDASARKAN PSAK 101 (STUDI KASUS PADA KSPPS BMT AL ITTIHAD RUMBAI TAHUN 2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Standar Akuntansi adalah pedoman penyusunan pokok pada penyajian laporan keuangan yang menjadi acuan dari setiap perusahaan. Penelitian ini dilakukan di BMT Al-Ittihad. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian penyusunan laporan keuangan BMT Al-Ittihad dengan PSAK NO. 101. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis deskriptif dan wawancara langsung dengan manager BMT Al Ittihad Rumbai yang terkait dengan laporan keuangan tersebut. Sedangkan sumber data berasal dari peraturan yang berlaku, media, dan data yang sudah diolah dan disajikan oleh BMT Al Ittihad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Al-Ittihad sudah menerapkan PSAK 101 dalam penyajian laporan keuangan syariah namun belum maksimal karena BMT Al-Ittihad dalam penyajian laporan keuangan belum lengkap, BMT Al-Ittihad hanya menerapakan laporan keuangan yaitu neraca, laporan laba rugi/SHU, laporan perubahan modal/ekuitas dan laporan arus kas, BMT Al-Ittihad mengabungkan kewajiban dengan dana syirkah temporer, tidak membuat laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan melainkan memasukkan laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan pada laporan laba rugi bagian akun biaya operasional lainnya . Dengan penelitian ini diharapkan BMT Al-Ittihad menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No.101.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PSAK 101, Laporan Keuangan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 11 Aug 2021 23:18
Last Modified: 11 Aug 2021 23:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53960

Actions (login required)

View Item View Item