Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KELEKATAN (ATTACHMENT) ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI KELURAHAN CINTARAJA KOTA PEKANBARU

Yenni Novriani, - (2021) PENGARUH KELEKATAN (ATTACHMENT) ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI KELURAHAN CINTARAJA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kelekatan (attachment) yang dibangun antara orang tua dan remaja. Remaja di kelurahan Cintaraja memiliki hubungan yang lekat dengan orang tuanya. Sehingga kelekatan (attachment) tersebut dapat membantu remaja dalam memenuhi tugas perkembangannya khususnya adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelekatan (attachment) orang tua dengan anak terhadap kecerdasan emosional remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptive kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah remaja di kelurahan Cintaraja Kota Pekanbaru. Sampel penelitian menggunakan teknik Random Sampling, yaitu sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Ananlisis data menggunakan program SPSS (Statistical Product and Servive Solution) 17 dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelekatan (attachment) (X) berpengaruh terhadap kecerdasan emosional remaja (Y) sebesar 44,7% sedangkan sisanya 55,3%, dengan nilai koefisien 669 yang ada pada interval 0,60-0,799 dinyatakan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara kelekatan (attachment) orang tua dengan anak terhadap kecerdasan emosional remaja. Hasil persamaan regresi linier yaitu Y=10,439+1,115X, koefisien (b) bernilai positif, berarti kelekatan (attachment) berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional remaja. Pada uji hipotesis nilai t hitung>t tabel, yaitu 6.964>1.671 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kelekatan (attachment) orang tua dengan anak berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional remaja di kelurahan Cintaraja Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelekatan (attachment), orang tua, kecerdasan emosional, remaja
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 01:38
Last Modified: 11 Aug 2021 01:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53957

Actions (login required)

View Item View Item