Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KLASIFIKASI JENIS GAHARU BERDASARKAN BENTUK DAN WARNA BUAH MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS)

Muhammad Rofi Saputra, - (2021) KLASIFIKASI JENIS GAHARU BERDASARKAN BENTUK DAN WARNA BUAH MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Kecuali Bab Hasil BABIV & BABV Muhammad Rofi Saputra.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File Hasil penelitian BAB IV & BABV MUHAMMAD ROFI SAPUTRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaharu merupakan hasil hutan yang dimana memiliki hasil yang serba guna dan memiliki nilai dan daya jual yang tinggi baik untuk para kolektor pohon gaharu maupun masyarakat biasa. Pohon gaharu bisa dikenali jenisnya melalui buah, batang, serta daun. Namun masih banyak orang ataupun petani yang tidak mengetahui cara membedakan jenis pohon gaharu secara kasat mata. Berdasarkan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dalam mengklasifikasikan jenis pohon gaharu berdasarkan warna dan bentuk buah menggunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Infernce System (ANFIS). Hasil pengujian ANFIS dengan 3 nilai range of influence menunjukkan nilai akurasi nilai range of influence 0.25 memiliki akurasi lebih tinggi dengan nilai rata rata 90,8%, sedangkan akurasi dengan nilai range of influence 0.5 dan 0.75 didapati lebih rendah dengan nilai rata rata akurasi sama yaitu 82,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Aug 2021 00:35
Last Modified: 11 Aug 2021 00:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53948

Actions (login required)

View Item View Item