Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH GURU MENDAYAGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SHALAT DHUHA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK IT AL-FATIH KIDS SUNGAI SIBAM PEKANBARU

LESTA NOVELI MAYU, - (2021) PENGARUH GURU MENDAYAGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SHALAT DHUHA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK IT AL-FATIH KIDS SUNGAI SIBAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)

Abstract

LESTA NOVELI MAYU (2021) : PENGARUH GURU MENDAYAGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SHALAT DHUHA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK IT AL-FATIH KIDS SUNGAI SIBAM PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Guru Mendayagunakan media audio visual terhadap pemahaman sholat Dhuha Anak Usia Dini di kelompok B TK IT Al-Fatih Kids Sungai sibam Pekanbaru. Shalat adalah ibadah yang diwajibkan atas setiap umat manusia. Perintah shalat hendaknya ditanamkan kedalam hati dan jiwa anak dengan cara mengajak anak mengerjakan shalat setiap hari di sekolah dan dirumah, dengan terus menerus mengerjakannya sehingga menjadi kebiasaan dalam hidup anak untuk melakukan kewajiban shalat. Adapun Indikator Guru Mendayagunakan Media Audio Visual yaitu: 1). Guru memperlihatkan tampilan video shalat dhuha kepada anak. 2). Guru mengajak anak untuk bersiap mengerjakan shalat dhuha. 3). Guru meminta anak untuk mempraktekan gerakan dan bacaan shalat dhuha. 4). Guru mengajak anak melakukan kegiatan shalat melalui tampilan video yang di putar. Sedangkan indikator Pemahaman Anak Tentang Shalat yaitu 1). Anak memahami tata cara wudhu yang benar. 2). Anak mampu memakai mukenah, peci tanpa bantuan guru. 3). Anak memahami batasan(hijab) antara laki-laki dan perempuan. 4). Anak mampu membentangkan sejadah, dan merapatkan safnya. 5). Anak mampu menghafal bacaan dan gerakan shalat dhuha, mulai dari niat sampai salam. 6). Anak mampu memahami hal-hal yang membatalkan shalat, seperti bercerita, bermain-main, tertawa, menganggu teman ketika shalat dan lain-lain. 7). Anak mampu membaca doa setelah melaksanakan shalat. Hasil dari penelitian yang dilakukan di TK IT Al-Fatih Kids Sungai Sibam Pekanbaru bahwa data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung = 68,839 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah guru mendayagunakan media audio visual untuk pemahaman shalat dhuha anak usia dini. Kata kunci : Media Audio Visual, Pemahaman Anak Tentang Shalat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 02:05
Last Modified: 11 Aug 2021 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53944

Actions (login required)

View Item View Item