Zurnita (2014) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PEMBANGUNAN EKONOMI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (78kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu pemahaman materi pembangunan ekonomi ( variable bebas / indenpenden atau variable x ) dan kreativitas belajar siswa ( variable terikat / dependent atau variable y ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi pembangunan ekonomi terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 01 Tualang Kabupaten Siak. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi pembangunan ekonomi terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 01 Tualang Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Tualang Kabupaten Siak. Sedangkan objektifnya adalah materi pembangunan ekonomi terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Tualang Kabupaten Siak. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Tualang Kabupaten Siak sebanyak 2 lokal yang berjumlah 65 orang, karena kecilnya jumlah populasi maka penulis mengambil semua sampel dari jumlah populasi. Pengumpulan data diambil melalui tes, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah korelasi yang kedua variabelnya bersifat interval dan ordinal, kemudian data ordinal di ubah ke data interval dengan analisis product moment, maka data analisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangnkat melalui program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil analisis data dapat disimpulan bahwa pemahaman materi pembangunan ekonomi pada mata pelajaran ekonomi ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari r hitung Product Moment yang lebih besar dari r table baik dari taraf signifikan 5% ataupun 1 % (( 0,250 < 0,574> 0,325 ) dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan besar persentase 32,90 %
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:30 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 03:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5394 |
Actions (login required)
View Item |