Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI KELAS VIII PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH

MEISHA ASRI, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI KELAS VIII PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (gabungan kecuali bab IV)
WATERMARK-halaman-1-65,89-191 (1).pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
WATERMARK-halaman-66-88.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design dengan bentuk desain one group pretest-posttest. Pada penelitian ini, menggunakan keempat langkah-langkah penelitian dikarenakan keempat langkah tersebut saling berhubungan. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kreatif yang sudah divalidasi oleh ahli. Pengumpulan data melalui soal tes keterampilan berpikir kreatif, lembar observasi dan angket tanggapan siswa. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji N-gain, uji normalitas dan uji hipotesis one sample t test sedangkan lembar observasi dan angket tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptip. Rata-rata N-Gain ialah sebesar 72,77% dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai signifikan uji normalitas pretest keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu sebesar 0,575 dan nilai signifikan uji normalitas posttest keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu sebesar 0,314 dan data terdistribusi normal. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 02:12
Last Modified: 11 Aug 2021 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53928

Actions (login required)

View Item View Item