Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI STRATEGI BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Multisitus pada BMT-UGT Sidogiri Capem dan BMT Marwah Pekanbaru)

ADE SAPUTRA, - (2021) OPTIMALISASI STRATEGI BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Multisitus pada BMT-UGT Sidogiri Capem dan BMT Marwah Pekanbaru). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESISI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ade Saputra (2021) : OPTIMALISASI STRATEGI BAITUL MAAL WATTAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH (Studi Multisitus pada BMT UGT Sidogiri Capem dan BMT Marwah Pekanbaru) Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) amat vital untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan. Baitul Maal Wattam wil (BMT) hadir ditengah-tengah pegiat usaha kecil supaya terbantu dalam meningkatkan usahanya melalui bantuan pembiayaan modal usaha yang berlandaskan syariat Islam. Adapun rumusan penelitian ini adalah Bagaimana optimalisasi strategi yang di lakukan oleh BMT UGT Sidogiri dan BMT Marwah Pekanbaru dalam meningkatkan usaha Mikro, Apa saja faktor pendukung dan penghambat BMT UGT Sidogiri dan BMT Marwah Pekanbaru dalam optimalisasi strategi yang dilakukan, dan Bagaimana optimalisasi strategi yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri dan BMT Marwah Pekanbaru dalam meningkatkan usaha mikro ditinjau menurut ekonomi syari’ah. penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, tinjauan pustaka, dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, disajikan dalam bentuk teks naratif dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Optimalisasi strategi yang dilakukan yaitu dengan proses pembiayaan yang mudah, memprioritaskan pedagang kecil, mengedukasi masyarakat tentang pinjaman berbasis syariah. (2) Faktor pendukung dalam optimalisasi strategi yang dilakukan yaitu kerjasama yang solid antara pengurus dan staf BMT, sedangkan yang menjadi faktor penghambat nya adalah SDM, jiwa wirausaha yang relatif masih lemah, permodalan yang masi kecil, kepercayaan yang rendah, dan kurang nya eksistensi BMT. (3) Optimalisasi strategi oleh BMT UGT Sidogiri dan BMT Marwah Pekanbaru ditinjau menurut ekonomi syariah sudah sesuai karena telah melakukan ikhtiar untuk meningkatkan SDM, memberikan pembinaan terhadap nasabah, dan meningkatkan sosialisasi tentang keberadaan BMT. Kunci: Optimalisasi, Strategi, Baitul Maal wat-Tamwil, Usaha Mikro,

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:58
Last Modified: 12 Aug 2021 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53927

Actions (login required)

View Item View Item