Alfi Syahri, - (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Alfi Syahri, (2021): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung jika berdasarkan kemandirian belajar siswa, dan ada atau tidak interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Treffinger, Kemampuan Pememcahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 18:23 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 18:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53919 |
Actions (login required)
View Item |