SISTEM PEMASARAN ASURANSI MITRA IQRA’ PADA ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA SYARI'AH KANTOR CABANG

Muhammad Amin, (2011) SISTEM PEMASARAN ASURANSI MITRA IQRA’ PADA ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA SYARI'AH KANTOR CABANG. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201109.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Sistem Pemasaran Asuransi Mitra Iqra’ Pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Sistem pelaksanaan Pemasaran Asuransi Mitra Iqra’ pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru dan bagaimana menurut perspektif Hukum Islam. Penelitian ini berlokasi pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Syari’ah Kantor Cabang Pekanbaru yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 180C Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sitem pelaksanaan pemasaran Asuransi Mitra Iqra’ dan bagaimana menurut perspektif hukum islam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah wawancara, studi dokumen, penelitian melalui pustaka dan angket. Dalam metode penulisan penelitian ini digunakan metode induktif dan metode deskriptif terhadap data primer dan sekunder. Adapun sistem pelaksanaan Pemasaran Asuransi Mitra Iqra’ pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Syari’ah adalah menerapkan strategi atau langkah-langkah dalam memasarkan produknya antara lain : 1. Prospecting ( Mencari calon pembeli) 2. Approach ( Pendekatan ) 3. Sales Presentation ( Penyajian Penjualan) 4. Closing ( Penutupan ) 5.After Sales Service ( Pelayanan Purna Jual ). Dalam pandangan hukum Islam sistem pemasaran asuransi mitra iqra’ diperbolehkan akan tetapi masih ada point tertentu yang masih kurang atau belum sepenuhnya dijalankan sesuai dengan syariat Islam, sebagaimana tertera pada angket yang disebarkan masih ada kekurangan dalam pelayanan dan tidak transpransi dalam menjelaskan atau meyakinkan pemegang polis. Rasulullah pernah bersabda, “Saidu-qaum khadi-muhum”, pemimpin itu adalah pelayan bagi rakyatnya. Pemimpin dalam perusahaan adalah pelayan bagi karyawannya. Semangat ini perlu kita bawa ke dalam dunia bisnis. Servis merupakan faktor paling penting dalam suatu bisnis. Apa pun yang menjadi initi bisnis kita, stakeholders haruslah senantiasa menyadari bahwa bisnisnya adalah bisnis servis.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:53
Last Modified: 11 Jan 2016 08:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item