Maya Khairunnisak, - (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP/MTs Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maya Khairunnisak, (2021): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP/MTs Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan siswa belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika berdasarkan motivasi belajar siswa, 3)ada atau tidak interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan adalah the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan soal posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, dan angket motivasi belajar. Pengujian teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, data disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) , Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:40 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53890 |
Actions (login required)
View Item |