Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektifitas Penggunaan Metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan Menggunakan Permainan Berburu Kata untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan Petai

Leoni Fella, - (2021) Efektifitas Penggunaan Metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan Menggunakan Permainan Berburu Kata untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan Petai. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LEONI FELLA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Leoni Fella, (2021): Efektifitas Penggunaan Metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan Menggunakan Permainan Berburu Kata untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan Petai Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen, yaitu bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan berburu kata untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan Petai.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan berburu kata efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan Petai?”. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan petai, sedangkan objeknya adalah penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan berburu kata untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan Petai dan sampelnya adalah siswa kelas 7A dan7B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi digunakan rumus: 0  2 2 1 1                  SDx SDy x y Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan penguasaan mufrodat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menerapkan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan berburu katadengan yang tidak menerapkan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan berburu kata. Karena nilai To = 2,70 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2, 423 dan taraf signifikansi 5% = 1,684. Ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan berburu kata efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan Petai. Kata Kunci :Efektivitas, Metode Sam’iyyah Syafawiyah, Permainan Berburu Kata, Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:00
Last Modified: 10 Aug 2021 08:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53888

Actions (login required)

View Item View Item