Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Undang-undang Cipta Kerja Dalam Berita Online (Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Undang-undang Cipta Kerja di kompas.com)

Yuriansyah Putra, - (2021) Undang-undang Cipta Kerja Dalam Berita Online (Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Undang-undang Cipta Kerja di kompas.com). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan mengenai adanya struktur teks wacana (makro, super struktur, mikro), mengetahui adanya makna kognisi sosial, dan mengetahui adanya makna konteks sosial yang terdapat dalam analisis wacana kritis pemberitaan undang-undang cipta kerja di Kompas.com edisi 15 – 30 Oktober 2020. Sumber data yang diambil berasal dari Kompas. com berupa seluruh analisis wacana kritis pemberitaan undang-undang cipta kerja di Kompas.com edisi 15 – 30 Oktober dengan cara simak catat. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif untuk meneliti wacana kritis. Instrumen penelitian yang dilakukan berupa studi dokumentasi untuk wacana kritis. Hasil analisis yang diperoleh menggunakan analisis wacana teori Teun A. Van Dijk pada pemberitaan undang-undang cipta kerja di Kompas.com edisi 15 – 30 Oktober sebagai berikut: 1) adanya struktur teks wacana(makro,supertruktur, mikro) berisi tema penanganan COVID-19 di Indonesia, struktur susunan teks pendahuluan, isi, dan penutup, adanya makna yang ditemukan dalam paragraf, kalimat dan kata dari hal yang diamati seperti semantik, sintaksis, stilistika, dan retoris. 2) makna kognisi sosial berupa keinginan para mahasiswa , aktivis, dan para buruh tani serta nelayan adanya penolkaan UU Cipta Kerja dan 3) adanya makna konteks sosial bahwa banyak nya dampak yang di akibat kan oleh UU Cipta Kerja terhadap kehidupan masyarakat, apalagi masyarakat ekonomi kelas bawah. Dengan teori Habermas, maka wacana kritis pemberitaan undang-undang cipta kerja menuai banyak pemahaman di kalangan masyarakat, adanya pro dan ada juga yang kontra terhadap undang-undang cipta kerja, perlu media bahasa menjelaskan data yang valid tentang undang-undang cipta kerja di kalangan masyarakat, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman di masayakat. Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, UU Cipta Kerja, Teori Habermas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:09
Last Modified: 29 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53884

Actions (login required)

View Item View Item