IDAROYANI, - (2021) STRATEGI PEMASARAN BISNIS FRANCHISE STREET BOBA CABANG KOTA PEKANBARU DI JALAN ARIFIN AHMAD MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK IDAROYANI (2021) : Strategi Pemasaran Bisnis Franchisee Street Boba Cabang Pekanbaru Di Jalan Arifin Ahmad Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilataebelakangi dari pangamatan penulis mengenai perkembangan usaha minuman boba yang ada di Kota Pekanbaru. Untuk menjadi franchisee minuman boba dinilai sangat praktis, sehingga kemungkinan terjadi kegagalan sangat kecil. Meskipun demikian bisnis iini juga memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Tujuan dari peenelitian ini adalah mengetahui mekanisme bergabung dalam bisnis franchise Boba, dan strategi pemasaran franchise Street Boba di Kota Pekanbaru menurut ekonomi syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triagulas yakni menggabungkan antara observasi, wawancara, dan dokumentasi pada bisnis franchise minuman Street boba. Dari hasil penelitian mekanisme untuk bergabun dengan bisnis Franchse Street Boba melalui beberapa tahapan dengan jangka waktu selama 4 minggu,yang dibagi dalam 2 minggu awal dan 2 minggu setelahnya. Tahapan-tahapan yang harus diikuti calaon mitra Street Boba antara lain: mengikuti presentasi bisnis Street Boba, lalu mengisi formulir calon Franchisee Street Boba, membayar commitment fee, protect lokasi strategis, survei dan fiksasi Lokasi, training management pengelolaan outlet, menanda tanganani agreement franchise, melunasi Sisa Investasi, penyerahan berkas franchise, training karyawan, produksi outlet, penjadwalan opening outlet, dan yang terakhir adalah Grand Opening. Modal yang digunakan sebesar Rp.200.000.000 telah dapat menjalankan bisnis Franchise Street Boba. Untuk pelunasan pebiayaan kemitraan Street Boba dapat di lakukan dua kali dengan Down Payment (DP) Rp. 50.000.000. Street Boba dalam mempertahankan eksistensinya menerapkan strategi pemasaran antara lain selalu update terhadap tren terkini, melakukan promosi online, join dengan aplikasi pesan antar, memperkuat branding, serta emberikan diskon kepada pelanggan. Dan bisnis Street Boba cabang Pekanbaru dalam menjalankan bisnis franchise tidak bertentangan dengan konsep dan ketetapan Syirkah menurut Syariat Islam. Kata Kunci: Strategi pemasaran, Franchise, Boba
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 07:35 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53881 |
Actions (login required)
View Item |