Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI SMP NEGERI 3 BANGKINANG

Abdurrahman Nur, - (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI SMP NEGERI 3 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ABDURRAHMAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abdurrahman Nur (2021): Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sifat-sifat Cahaya di SMP Negeri 3 Bangkinang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Bangkinang, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kegiatan penyelidikan. Hal ini menyebabkan kurang dibekalinya peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik kurang diasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 3 Bangkinang. Metode pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Postest Design yaitu melibatkan hanya satu kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkinang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji one sample t test dengan bantuan SPSS versi 23 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sifat-sifat cahaya di SMP Negeri 3 Bangkinang. Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Sifat-sifat Cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:41
Last Modified: 10 Aug 2021 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53876

Actions (login required)

View Item View Item