Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PANTAI CERMIN

Nova Anggraini, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PANTAI CERMIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Nova Anggraini.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nova Anggraini, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Example Non- Example untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Pantai Cermin Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Pantai Cermin melalui strategi Example Non Example. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat di simpulkan bahwa strategi pembelajaran Example Non Example dapat meningkat kan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Pantai Cermin. Hal ini dapat di lihat bahwa keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia sebelum tindakan hanya mencapai 52,75% atau masih tergolong “sangat kurang”. Setelah melakukan tindakan kelas pada siklus I, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 62,25% atau tergolong “cukup” kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 78,75% atau tergolong “baik”. Artinya hasil keterampilan berbicara siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang merujuk pada KKM yang telah di tetapkan Sekolah Dasar Negeri 002 Pantai Cermin. Kata Kunci : Strategi Example Non Example, Keterampilan Berbicara Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:31
Last Modified: 10 Aug 2021 08:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53874

Actions (login required)

View Item View Item