Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KELAS III PADA RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

Fitri Noveliasari, - (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KELAS III PADA RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI NOVELIASARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitri Noveliasari (2021): Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Bagi BPJS Kelas III pada Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bagi BPJS Kelas III Pada Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Karena ekonomi Islam sangat memperhatikan bagaimana perilaku terhadap sesama dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru yang beralamat di jalan Jendral Sudirman No.134. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan rumus slovin, dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pembagian kuisioner kepada pasien BPJS Kelas III Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian di analisa menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantatif. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu pengaruh kualitas pelayanan (X), terhadap kepuasan pasien (Y). Hasil penelitian ini di peroleh persamaan regresi linier sederhana dari hasil perhitungan statistik sebagai berikut : Y= 6,663 + 0,198X Yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien pada Pasien BPJS Kelas III Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. Jika kualitas pelayanan di tingkatkan, maka nilai kepuasan pasien akan semakin tinggi. Hasil uji hipotesis dengan menngunakan uji thitung sebesar (3,909) > ttabel (1,98498) dan signifikansi (0,000) < 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Kelas III pada Rumah Sakit Syafira Pekanbaru. pelayanan jasa yang baik sangat di anjurkan dalam islam sebagaimana yang telah tersurat dalam kisah nabi Syu?aib a.s yang meminta nabi musa a.s untuk bekerja kepadanya, dan juga tersurat daam Al-qur?an surat Al-qashash : 26, Islam mengajarkan bila ingin memberikan hasil usaha yang baik berupa barang maupun pelayanan/jasa hendaknya memberikan yang berkualitas, jangan memberikan yang buruk atau tidak berkualitas kepada orang lain sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur?an dalam surat Ali-Imran : 159. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Aug 2021 00:37
Last Modified: 11 Aug 2021 00:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53871

Actions (login required)

View Item View Item